Entri Populer


20 Feb 2014

Bukan Laskar Pelangi

Laskar Pelangi,Buku yang saya baca mengenai Kisah 10 Orang Sahabat di Belitong,dari Sekolah Muhamadiyah yang hampir roboh menjelma menjadi Sekolah favorit warga Belitung beberapa tahun kemudian sampai sekarang,Kisah yang Inspiratif dan tentang kesabaran Kepala Sekolah dan Ibu Guru yang sabar mendidik anak-anak muridnya dengan modal dasar Akidah agama bukan materi.
Sabtu, 15 Februari 2014 saya diminta tolong oleh Babeh untuk mengajar di salah satu tempat atau tempat pendidikan dan latihan ( diklat ) di daerah cimanggis,depok. Saya dengan senang hati dan menerima ajakan Babeh saya untuk mengajar disana,sambil berharap yang saya ajar itu pelajaran favorit saya yaitu " Sejarah ".
tapi disana saya dibutuhkan untuk menjadi " Guru Komputer " karena ada 3 Bidang yang di ajarkan,diantaranya : Ilmu tajwid/agama islam, Bahasa Inggris dan Komputer. Guru sebelumnya meminta saya memilih salah satu,dan ketiganya sebenarnya merupakan pilihan sulit,karena saya tidak ahli di ketiga bidang tersebut,tapi ketika pilihan menjadi jawaban,saya pun memilih untuk mengajar komputer tapi tingkat dasar saja.

Mungkin nanti yang saya ajarkan adalah Microsoft Office Word,Excel dan Power Point dan sedikit tentang Internet atau Sotware ( itupun ilmu yang saya punya belum seberapa jika dibandingkan dengan teman saya ),Pertama memasuki kelas,gambaran tentang puluhan anak juga langsung buyar karena yang ikut belajar atau ikut diklat ditiap sabtu ini,kurang dari 15 orang ( waktu itu 6 orang tidak masuk ),kata salah satu murid,kalau kelas penuh itu 14 orang,tapi mungkin bisa bertambah menjadi 16-17 orang.
Setelah perkenalan dengan murid yang rata-rata usianya 12-13 tahun,atau rata-rata kelas 6 SD,sisitem metode yang saya ajarkan haruslah beda dengan orang yang usianya diatas 20 tahun ( sebelumnya dikantor saya juga mengajarkan karyawan untuk komputer ) itupun juga tingkat dasar.misalnya membuat surat,membuat tabel,menghitung tabel atau gambar dan menekankan fungsi email kepada tiap-tiap karyawan.
Saya berharap semoga suatu saat murid saya bertambah,dan walaupun ilmu yang saya ajarkan mungkin sedikit setidaknya bisa banyak manfaatnya,Amiin Ya Rabb.
Sesungguhnhya ada 3 hal yang akan menjadi amal pahala kita,walaupun kita sudah tiada,diantaranya : Amal Sodakoh,Ilmu Yang Bermanfaat dan Doa Anak Yang Soleh kepada kedua orangtuanya.
Dua Bulan lagi,Insya Allah Istri saya melahirkan,semoga kelak anak saya menjadi Anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya,Taat beragama,Banyak Silaturahminya dan menjadi Pemimpin yang adill bagi rakyatnya ataupun bawahannya.



@kalampatah

1 komentar:

Unknown mengatakan...

selamat mas bro.... semoga didikan dirimu menjadi pemimpin agama dan negara... lumayan menjadi passive income diakhirat :)